SKRIP BANER ATAS
Info BAWASLU

Rakor Forkopimda Banggai, Bawaslu Apresiasi Pemda Mitigasi Netralitas ASN

9
×

Rakor Forkopimda Banggai, Bawaslu Apresiasi Pemda Mitigasi Netralitas ASN

Sebarkan artikel ini
Ridwan, SH

PORTAL LUWUK – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banggai mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai terkait mitigasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Apresiasi ini disampaikan Ketua Bawaslu, Ridwan pada Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dalam agenda membahas situasi dan kondisi terkini wilayah Kabupaten Banggai jelang Pilkada bertempat di Ruang Rapat Khusus Kantor Bupati Banggai, Selasa (20/8/2024).

iklan
Scrool Untuk Membaca Berita

“Bawaslu mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah dalam melakukan mitigasi terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara melalui Kabag Tapem yang dilakukan di 24 kecamatan,”ujar Ridwan.

Baca Juga :  Berita Hoax Berbasis Media Sosial, Bawaslu Banggai : Harus Dicegah, Efek Negatifnya Berbahaya

Rapat dihadiri Bupati Banggai Amirudin, Wakil Bupati Furqanudin Masulili, Kapolres Banggai, Dandim 1308 Luwuk Banggai, Kepala Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan perwakilan tokoh masyarakat.

Bupati Banggai Amirudin mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga stabilitas daerah dan memastikan agar proses demokrasi berjalan damai dan tertib.

“Ini pesta demokrasi terbesar di dunia, serentak di 514 kabupaten/kota. Langkah terbaik yang harus lakukan sama-sama menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Banggai,”ucap Amirudin.

Kapolres Banggai, AKBP Putu Hendra Binangkari menuturkan, kesiapan personelnya dalam mengantisipasi setiap potensi gangguan keamanan dalam mendukung kelancaran tahapan Pilkada 2024.

“Antisipasi media sosial kami ada Patroli Siber yang telah dibentuk, dan kami juga telah berkomunikasi dengan Diskominfo Banggai untuk kerja samanya,”kata Putu Hendra.

Baca Juga :  Jelang 20 Hari Lagi Voting Day, Bawaslu Undang Parpol Bahas Potensi Black Campaign

Sementara Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf Hermanto menegaskan bahwa situasi wilayah yang aman dan tertib tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan, tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

“Situasi wilayah aman dan tertib ini bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Koordinasi ini penting dilakukan,” tutur Letkol Inf Hermanto.

Rapat koordinasi ini diakhiri kegiatan penyerahan bantuan pinjam pakai berupa 4 unit Komputer dan 3 unit Laptop dari Pemerintah Kabupaten Banggai kepada Bawaslu Banggai.*