SKRIP BANER ATAS
Info DKISP

Bupati Amirudin Tekankan Pentingnya Keamanan Siber Infrastruktur Elektronik

6
×

Bupati Amirudin Tekankan Pentingnya Keamanan Siber Infrastruktur Elektronik

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi Kebijakan Keamanan Informasi dan Persandian serta Implementasi Tanda Tangan Elektronik dibuka Bupati Amirudin (Foto : DKISP)

PORTAL LUWUK – Maraknya serangan siber pada institusi pemerintah maupun swasta menjadi perhatian Bupati Banggai Amirudin. Mengingat, Pemda Banggai kini telah memiliki pusat kendali dan pemantau atau command center.

Sehingga Bupati Amirudin kembali menekankan bahwa seluruh infrastruktur berbasis elektronik yang telah dibangun pemda tak sekadar dimanfaatkan, tetapi diproteksi keamanannya.

iklan
Scrool Untuk Membaca Berita

“Untuk mencegah hal ini (serangan siber), perlu adanya proteksi dini terhadap sistem jaringan komputer guna memberikan perlindungan terhadap data, informasi dan hak akses kepada para pemakai,”ujar Amirudin.

Hal ini disampaikan Bupati Amirudin saat menghadiri kegiatan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Banggai melalui Bidang Persandian pada Sosialisasi Kebijakan Keamanan Informasi dan Persandian serta Implementasi Tanda Tangan Elektronik, Selasa (23/7/2024), di Hotel Santika, Luwuk Selatan.

Baca Juga :  Kepala Organisasi Riset Akan Turun Ke Banggai, Kembangkan Peta Citra Satelit Perikanan Tangkap

Bagi Amirudin, layanan tanda tangan elektronik pemerintah daerah yang mulai diterapkan dinilai sangat efektif bagi kerja-kerja pemerintahan.

“Kita bisa menghemat kertas, sehingga tidak perlu lagi kejar kejar bupati hanya untuk urusan tanda tangan,”tuturnya.

Kepala Bidang Persandian DKISP Suliyanti Ahmad menjelaskan, sosialisasi ini diikuti pegawai administrasi ditiap perangkat daerah. Ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga keamanan informasi dan persandian serta mengimplementasikan tanda tangan elektronik dalam administrasi pemerintah.

Baca Juga :  Luar Biasa! Kalla Toyota Luwuk Serahkan Bantuan 50 Picis Tong Sampah Kuning

“Para peserta diharapkan memiliki keterampilan yang cukup untuk menjaga keamanan informasi dan persandian serta menggunakan tanda tangan elektronik secara bertanggung jawab,”kata Suliyanti.

Hadir sebagai pemateri, Nurman Yohan Sopandji, Sandimen Ahli Madya di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Memaparkan materi Persandian Dalam Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, serta Tanda Tangan Elektronik Pemkab Banggai.

Pada kesempatan itu, DKISP Banggai turut mensosialisasikan Peraturan Bupati Banggai Nomor 102 Tahun 2022 tentang Persandian Untuk Pengamanan Informasi dan Peraturan Bupati Banggai Nomor 103 Tahun 2022 tentang Penggunaan Sertifikat Elektronik.*